Ub Iwerks

6 Jan 2012

About Ub Iwerks

ub-iwerks

Ubbe Ert Iwwerks yang lebih dikenal dengan nama Ub Iwerks lahir pada lahir di Kansas City Missouri pada tanggal 24 Maret 1901 . Ub Iwerks dan keluarganya berasal dari desa Uttum,Jerman berimigrasi ke Amerika Serikat pada 1869. Nama Iwwerks adalah pemenang dua penghargaan Academy Award. Ub Iwerks dikenal sebagai animator, kartunis, dan teknisi spesial efek Walt Disney yang ternama.

Paada awalny Ub memiliki nama keluarga Iwwerks. Dikatakan bahwa Walter Disney mendorong Ubbe Iwerks untuk mengamerikakan namanya menjadi Iwerks. Ub menyetujuinya dengan syarat Walter mengubah namanya menjadi Walt. Karena hal ini, maka sekarang kita mengenal kedua tokoh tersebut dengan nama Ub Iwerks dan Walt Disney. Iwerks meninggal 7 Juli 1971 pada umur 70 tahun dan dimakamkan di Burbank CA.

Karier

Karier Iwerks dipenuhi dengan Berbagai penghargaan yang ia dapatkan. Iwerks mendapatkan dua penghargaan Academy Award dikenal sebagai teman lama Walt Disney yang sebagian besar waktu kariernya dihabiskan bersama Disney. Kartun-kartun animasi awal Disney sangat dipengaruhi oleh gaya Iwerks. Pada tahun 1922,ketika Walt memulai serial kartun Laugh-O-Gramnya, Iwerks adalah kepala bagian animasi. Studio ini mengalami kebangkrutan dan pada tahun 1923 Iwerks bersama Disney pindah ke Los Angeles untuk mengerjakan seri kartun baru bernama Komedi Alice. Setelah seri ini berakhir, Disney meminta Iwerks untuk menciptakan karakter baru. Animasi Oswald the Lucky Rabbit pertama kali dibuat seluruhnya oleh Ub Iwerks. Setelah kartun pertama Oswald selesai, Oswald didesain ulang atas permintaan Universal Studio, yang menyetui pendistribusian seri-seri kartunnya pada tahun 1927.

Karya-karya Ub Iwerks

Karya-Karya Ub Iwerks sangatlah banyak dalam menciptakan Animasi-animasi Tahun 1928, Disney kehilangan hak atas karakter Oswald, dan melakukan banyak pemecatan terhadap staffnya. Disney kemudian meminta Ub Iwerks, yang tetap bekerja, untuk menggambar karakter baru. Iwerks berusaha menggambar kodok, anjing, dan kucing namun tidak satupun dari desain-desain ini memenuhi harapan Disney. Seekor karakter sapi betina dan kuda jantan juga diciptakan oleh Iwerks, namun ditolak juga.Kemudian pada hari kedua karakter ini dikenal sebagai Klarabela dan Karel Kuda. Ub Iwerks akhirnya mendapat inspirasi dari sebuah gambar tua. Pada tahun 1925, Hugh Harman menggambar beberapa sketsa tikus di samping foto Walt Disney. Gambar ini menginspirasikan Ub Iwerks untuk membuat sebuah karakter tikus untuk Disney, yang kemudian dinamai Miki Tikus.Oleh karena hal ini, Iwerks dapat dikatakan sebagai pencipta awal Miki Tikus karena bukan Disney melainkan Iwerks yang menciptakan karakter ini.

Kartun-kartun awal Miki Tikus dianimasikan hampir seluruhnya oleh Iwerks. Walt Disney sangat mengerti betapa berharganya Ub sehingga Ub berpenghasilan dua kali penghasilan Walt Disney. Ketika Walt berpenghasilan $75,00 dalam seminggu, Ub berpenghasilan $150,00 seminggu. Namun demikian, usaha Iwerks dan Disney pada akhirnya mengalami kemunduran, dan persahabatan mereka rusak ketika Iwerks membuat kontrak dengan salah satu kompetitor untuk membuat studio animasi di bawah namanya sendiri; meninggalkan Disney.

Iwerks Studio dibuka pada tahun 1930. Para pendukung dana studio ini, yang dipimpin oleh Pat Powers, percaya bahwa Iwerks adalah salah satu penyebab sukses awal Disney. Namun demikian, meskipun animasi Disney mengalami penurunan karena kepergian Iwerks, hal ini hanya berlangsung sesaat karena Disney segera merekrut animator-animator muda berbakat.

Pada tahun 1937, Iwerks dikontrak Leon Schlesinger Productions mengkontrak Iwerks untuk memproduksi empuk memproduksi cerita pendek kartun Looney Tunes. Cerita pendek Looney Tunes ini menceritakan karakter Porky Pig dan Gabby Goat. Iwerks membuat dua cerita pendek awal. Animator terdahulu Schlesinger, Robert Clampett, kemudian memperoleh promosi dan membuat dua cerita pendek lainnya. Iwerks kemudian membuat kontrak untuk Screen Gems (yang pada saat itu divisi kartun Columbia Pictures) sebelum ia kembali pada Disney. Pada tahun 1940 Iwerks kembali bekerja di Disney.

Saat kembali ke Diney.Iwerks bekerka mengembangkan visual Efek. Iwerks adalah orang yang berjasa mengembangkan proses penggabungan adegan nyata dengan animasi yang digunakan dalam Song of the South pada tahun 1946, dan juga proses xerografik yang menggunakan sel animasi. Dia juga bekerja di WED Enterprises Iwerks juga bekerja membuat spesial efek di luar studio, yang diantara karyanya memperoleh nominasi Academy Award pada tahun 1963; film Alfred Hitchcock yang berjudul The Birds.

Karya terbesar Iwerk selain pembuatan dan penganimasian Miki Tikus adalah Flip the Frog. Kartun Flip the Frog banyak disukai oleh penggemar animasi klasik. Iwerks dikenal sebagai animator dan kartunis dengan selera humor yang gila.

Ub Iwerks meninggal pada umur 70 di tahun 1971 karena serangan jantung di Burbank, California.Kisah hidup Ub Iwerks diabadikan dalam film dokumenter, The Hand Behind the Mouse: The Ub Iwerks Story yang dirilis pada tahun 1999, dan buku yang ditulis Leslie Iwerks dan John Kenworthy di tahun 2001.


TAGS ub iwerks about Ub Iwerks karier ub iwerks karya -karya ub iwerks


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post